#11 VARIAN DAN INVARIAN



Varian : aliran logika yang digunakan sebelum membuat program atau pra-build. (Nilai yang berubah dalam loop / pewarisan)
Invarian : aturan utama yang tetap dijaga agar program berjalan benar meski Ada bagian program (misalnya perulangan) yang di dalamnya bisa banyak proses terjadi. (Nilai yang tidak berubah di setiap iterasi)


A. Identifier : nama yang digunakan untuk mengidentifikasi elemen-elemen dalam program, seperti: variabel, fungsi/metode, kelas, objek, konstanta, dan sebagainya.
Aturan penulisan :
  1. Harus dimulai dengan huruf (A-Z atau a-z), atau garis bawah _.
  2. Tidak boleh diawali dengan angka.
  3. Hanya boleh berisi huruf, angka, dan garis bawah _.
  4. Tidak boleh menggunakan kata kunci (keyword) bawaan bahasa pemrograman, seperti class, int, if, while, dll.
  5. Bersifat sensitif huruf besar/kecil (case-sensitive) di banyak bahasa (seperti Java, C++, JavaScript).
Contoh: Nama dan nama adalah dua identifier berbeda.
Example :
int usia = 17;
String namaSiswa = "Budi";

void cetakNama() {
    System.out.println(namaSiswa);
}
Dalam contoh di atas, usia, namaSiswa, cetakNama adalah identifier.


B. Variabel : Variabel adalah wadah (tempat menyimpan data) dalam program komputer. Variabel digunakan untuk menyimpan nilai yang bisa berubah-ubah selama program dijalankan, seperti angka, teks, atau data lainnya.
Aturan penulisan :
  1. Harus diawali huruf atau garis bawah (_).
  2. Tidak boleh diawali angka.
  3. Tidak boleh menggunakan kata kunci bahasa pemrograman (seperti int, for, class).
  4. Hindari spasi dan karakter khusus.
  5. Biasanya ditulis dengan huruf kecil di awal (mengikuti konvensi camelCase).
Example :
int umur = 17;
String nama = "Ani";
double berat = 52.5;
umur adalah variabel bertipe int (bilangan bulat).
nama adalah variabel bertipe String (teks).
berat adalah variabel bertipe double (bilangan desimal).

C. Konstanta adalah sebuah nilai tetap yang tidak dapat diubah selama program berjalan. Berbeda dengan variabel yang nilainya bisa berubah-ubah, nilai konstanta selalu sama setelah dideklarasikan.
Aturan Penamaan Konstanta:
  1. Huruf kapital semua, misalnya: MAX_SPEED, PI, JUMLAH_MAKSIMAL.
  2. Tidak boleh mengandung spasi.
  3. Gunakan underscore (_) untuk memisahkan kata.
Example :
final double PHI = 3.14;
final int MAX_UMUR = 100;
PHI adalah konstanta bertipe double dengan nilai 3.14.
MAX_UMUR adalah konstanta bertipe int dengan nilai 100.
Keyword final di Java menandakan bahwa nilai tersebut tidak boleh diubah.

D. Tipe Data adalah kategori atau jenis data yang menentukan jenis nilai apa yang bisa disimpan oleh sebuah variabel dan operasi apa saja yang bisa dilakukan pada data tersebut.
Array adalah kumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama, disimpan dalam satu nama variabel, dan diakses melalui indeks.
Aturan Array :
  1. Menyimpan banyak nilai dalam satu nama variabel.
  2. Setiap elemen array diakses menggunakan indeks (nomor posisi).
  3. Indeks array biasanya dimulai dari 0 (tergantung bahasa pemrograman).
Array 1 Dimensi : array yang menyimpan data dalam baris tunggal, seperti daftar.
int[] nilai = {80, 85, 90, 75, 70};
Mengakses Elemen:
System.out.println(nilai[0]);     // Output: 80
nilai[2] = 95;      // Mengubah nilai ke-3 menjadi 95
Array 2 dimensi : array yang memiliki baris dan kolom, seperti tabel atau matriks.
int[][] matriks = {
  {1, 2, 3},
  {4, 5, 6},
  {7, 8, 9}
};
Mengakses Elemen:
System.out.println(matriks[1][2]);     // Output: 6 (baris ke-2, kolom ke-3)
matriks[0][0] = 10;     // Mengubah elemen baris 1 kolom 1 jadi 10


===============================================================================

Task. Kerjakan berikut !

  1. Tipe data yang digunakan untuk menyimpan bilangan bulat adalah _________________.
  2. Tipe data teks atau kumpulan karakter disebut ______________________________________.
  3. Tipe data yang hanya memiliki dua nilai, yaitu true dan false, disebut _________________.
  4. Menyimpan angka desimal seperti 3.14 atau -0.75, digunakan tipe data _______________.
  5. Karakter tunggal seperti huruf 'A' atau simbol '&' disimpan dalam tipe data ___________.
  6. Digunakan menyimpan beberapa nilai bertipe sama dalam satu variabel disebut ____.
  7. Dalam Java, tipe data untuk menyimpan kalimat atau kata adalah __________________.
  8. Array dua dimensi menyerupai bentuk ___________________ (jawaban: tabel / matriks).
  9. Struktur data yang menyimpan beberapa field dengan tipe data berbeda disebut __.
  10. Tipe data khusus yang hanya berisi nilai tetap atau konstan yang telah ditentukan sebelumnya disebut __________________________________________________________________.



~cari ilmu, temukan dirimu~

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak