Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) adalah teknik pemrograman yang berfokus pada kelas dan objek sebagai inti pembangun program.
1. Kelas (Class)
a. Definisi Kelas
Kelas (class) adalah rancangan/bentuk dasar atau blueprint untuk membuat objek.
Kelas berisi:
- Atribut → data yang dimiliki objek
- Method → perilaku atau fungsi yang bisa dilakukan objek
Analogi:
Kelas seperti desain mobil.
Desain menunjukkan bentuk, warna, jumlah kursi.
Tetapi mobil itu belum nyata sampai dibuat → itu lah yang disebut objek.
b. Bentuk / Struktur Kelas dalam Java
class NamaKelas {// Atributint umur;String nama;// Methodvoid tampilkanInfo() {System.out.println("Nama: " + nama);System.out.println("Umur: " + umur);}}
Penjelasan:
class→ kata kunci untuk membuat kelas- atribut → ciri milik objek
- method → kemampuan/perilaku objek
2. Objek (Object)
a. Definisi Objek
Objek adalah bentuk nyata yang dibuat dari kelas.
Jika kelas adalah desain, maka objek adalah barang sungguhannya.
Analogi:
Jika kelas = desain sepeda, maka
objek = sepeda yang benar-benar ada.
b. Karakteristik Objek
Objek dalam PBO memiliki 3 karakteristik penting:
Identity (Identitas)
Setiap objek dapat dibedakan dari objek lain meski memiliki data sama.Seperti dua HP sama-sama Samsung A20 tetapi pemiliknya beda.State (Keadaan/Atribut)
Informasi yang disimpan objek.
Contoh:
nama, usia, warna.Behavior (Perilaku/Method)
Aksi yang bisa dilakukan oleh objek.
Contoh:
berjalan(), mengisiData(), tampilkanInfo().
c. Hubungan Class dan Objek
| Class | Object |
|---|---|
| Desain | Produk nyata |
| Template | Hasil jadi |
| Tidak punya data | Punya data sendiri |
| Dibuat 1 kali | Dapat menghasilkan banyak objek |
d. Teknik Membuat Objek dari Class (Java)
Sintaks Membuat Objek:
NamaKelas namaObjek = new NamaKelas();
Contoh Lengkap dalam Java
class Siswa {String nama;int umur;void tampilkanInfo() {System.out.println("Nama: " + nama);System.out.println("Umur: " + umur);}}public class Main {public static void main(String[] args) {// Membuat objekSiswa siswa1 = new Siswa();// Mengisi atributsiswa1.nama = "Budi";siswa1.umur = 16;// Menampilkansiswa1.tampilkanInfo();}}
3. Konstruktor dalam Java
Apa itu Konstruktor?
Konstruktor adalah method khusus yang:
- namanya sama dengan nama kelas
- otomatis berjalan saat objek dibuat
- mengisi nilai awal atribut
Analogi:
Saat beli HP baru, otomatis dilakukan:
- aktivasi awal
- pengecekan baterai
- penyetelan bahasa
Begitu juga konstruktor: ia bekerja otomatis.
Contoh Konstruktor dalam Java
class Siswa {String nama;int umur;// KonstruktorSiswa(String n, int u) {nama = n;umur = u;}void tampilkanInfo() {System.out.println("Nama: " + nama);System.out.println("Umur: " + umur);}}public class Main {public static void main(String[] args) {// Objek dibuat sekaligus diisi lewat konstruktorSiswa siswa1 = new Siswa("Andi", 17);siswa1.tampilkanInfo();}}
Tags
DDPPLGV2-PBO