#03 Elemen Dasar PBO

Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) adalah teknik pemrograman yang berfokus pada kelas dan objek sebagai inti pembangun program.


1. Kelas (Class)

a. Definisi Kelas

Kelas (class) adalah rancangan/bentuk dasar atau blueprint untuk membuat objek.

Kelas berisi:

  • Atribut → data yang dimiliki objek
  • Method → perilaku atau fungsi yang bisa dilakukan objek

Analogi:

Kelas seperti desain mobil.
Desain menunjukkan bentuk, warna, jumlah kursi.
Tetapi mobil itu belum nyata sampai dibuat → itu lah yang disebut objek.

b. Bentuk / Struktur Kelas dalam Java

 class NamaKelas {

    // Atribut
    int umur;
    String nama;

    // Method
    void tampilkanInfo() {
        System.out.println("Nama: " + nama);
        System.out.println("Umur: " + umur);
    }

}
Penjelasan:

  • class → kata kunci untuk membuat kelas
  • atribut → ciri milik objek
  • method → kemampuan/perilaku objek

2. Objek (Object)

a. Definisi Objek

Objek adalah bentuk nyata yang dibuat dari kelas.
Jika kelas adalah desain, maka objek adalah barang sungguhannya.

Analogi:

Jika kelas = desain sepeda, maka
objek = sepeda yang benar-benar ada.

b. Karakteristik Objek

Objek dalam PBO memiliki 3 karakteristik penting:

Identity (Identitas)

Setiap objek dapat dibedakan dari objek lain meski memiliki data sama.
Seperti dua HP sama-sama Samsung A20 tetapi pemiliknya beda.
State (Keadaan/Atribut)
Informasi yang disimpan objek.
Contoh: 
nama, usia, warna.
Behavior (Perilaku/Method)
Aksi yang bisa dilakukan oleh objek.
Contoh: 
berjalan(), mengisiData(), tampilkanInfo().

c. Hubungan Class dan Objek

Class Object
Desain Produk nyata
Template Hasil jadi
Tidak punya data Punya data sendiri
Dibuat 1 kali Dapat menghasilkan banyak objek

d. Teknik Membuat Objek dari Class (Java)

Sintaks Membuat Objek:
NamaKelas namaObjek = new NamaKelas();
Contoh Lengkap dalam Java
class Siswa {
    String nama;
    int umur;

    void tampilkanInfo() {
        System.out.println("Nama: " + nama);
        System.out.println("Umur: " + umur);
    }
}

public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        // Membuat objek
        Siswa siswa1 = new Siswa();

        // Mengisi atribut
        siswa1.nama = "Budi";
        siswa1.umur = 16;

        // Menampilkan
        siswa1.tampilkanInfo();
    }
}

3. Konstruktor dalam Java

Apa itu Konstruktor?

Konstruktor adalah method khusus yang:

  • namanya sama dengan nama kelas
  • otomatis berjalan saat objek dibuat
  • mengisi nilai awal atribut

Analogi:

Saat beli HP baru, otomatis dilakukan:
  • aktivasi awal
  • pengecekan baterai
  • penyetelan bahasa

Begitu juga konstruktor: ia bekerja otomatis.

Contoh Konstruktor dalam Java

class Siswa {
    String nama;
    int umur;

    // Konstruktor
    Siswa(String n, int u) {
        nama = n;
        umur = u;
    }

    void tampilkanInfo() {
        System.out.println("Nama: " + nama);
        System.out.println("Umur: " + umur);
    }
}

public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        // Objek dibuat sekaligus diisi lewat konstruktor
        Siswa siswa1 = new Siswa("Andi", 17);

        siswa1.tampilkanInfo();
    }
}

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak